Kegaduhan Indonesia Akibat Munculnya Raja-Raja Baru


Ada-ada saja akhir-akhir ini yang di lakukan oleh sekelompok orang-orang di tanah air kita ini, setelah sebelumnya bermunculan nabi nabi palsu dan orang yang mengaku mendapat wahyu dari Tuhan, bahkan mengaku mendapatkan wahyu dari malaikat jibril. Sekarang bermunculan fenomena kerajaan kerajaan baru yang memegang kekuasaan dengan cakupan wilayah tertentu.  Ada apa sebenarnya fenomena yang terjadi belakangan ini.


Munculnya Raja-raja Baru
Sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Najib Azca, mempunyai opini tersendiri, berdasarkan pengamatan dan pandangannya, munculnya kerajaan-kerajaan baru, atau kelompok-kelompok yang memproklamirkan semacam struktur kekuasaan baru belakangan ini, adalah cerminan dari krisis yang sedang terjadi di masyarakat.


Kemunculan sejumlah kerajaan di beberapa daerah membuat gaduh dan menjadi pusat perhatian. Mulai Keraton Agung di Purworejo, Keraton Djipang di Blora, Jawa Tengah. Usai dua keraton itu, muncul Sunda Empire di Bandung dan kini Kerajaan Sela Cau Tunggul Rahayu atau Kesultanan Selaco di Tasikmalaya, Jawa Barat.


Masing-masing kerajaan beserta raja ratunya itu punya cerita versi masing-masing. Misalnya klaim Kerajaan Selaco ini berdiri atas trah dan warisan budaya peninggalan sejarah Kerajaan Pajajaran. Mereka mengklaim punya wilayah kesultanan di Kecamatan Parungponten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ini diklaim berdiri sejak 2004.


Beberapa pihak berpendapat sebenarnya fenomena ini tidak terlalu membahayakan kesatuan NKRI, dikarenakan ini hanya ekspresi narsisitas dari sekelompok masyarakat yang ingin eksis dan di perhatikan oleh lingkungannya. Tetapi menurut Rocky Gerung yang lebih berbahaya adalah serangan ekonomi dari luar dan melemahnya rupiah adalah factor yang lebih kita khawatirkan daripada kemunculan kerajaan ecek-ecek ini.


Nah Sobat FadlaNews apakah anda juga tertarik membuat kerajaan baru ??

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama